Rabu, 11 Mei 2011

anatomi ikan

SISTEM PENCERNAAN PADA IKAN

 

Saluran pencernaan pada ikan dimulai dari rongga mulut (cavum oris). Di dalam rongga mulut terdapat gigi-gigi kecil yang berbentuk kerucut pada geraham bawah dan lidah pada dasar mulut yang tidak dapat digerakan serta banyak menghasilkan lendir, tetapi tidak menghasilkan ludah (enzim). Dari rongga mulut makanan masuk ke esophagus melalui faring yang terdapat di daerah sekitar insang.
     Esofagus berbentuk kerucut, pendek, terdapat di belakang insang, dan bila tidak dilalui makanan lumennya menyempit. Dari kerongkongan makanan di dorong masuk ke lambung, lambung pada umum-nya membesar, tidak jelas batasnya dengan usus. Pada beberapa jenis ikan, terdapat tonjolan buntu untuk memperluas bidang penyerapan makanan.
Dari lambung, makanan masuk ke usus yang berupa pipa panjang berkelok-kelok dan sama besarnya. Usus bermuara pada anus.
     Kelenjar pencernaan pada ikan, meliputi hati dan pankreas. Hati merupakan kelenjar yang berukuran besal, berwarna merah kecoklatan, terletak di bagian depan rongga badan dan mengelilingi usus, bentuknya tidak tegas, terbagi atas lobus kanan dan lobus kiri, serta bagian yang menuju ke arah punggung. Fungsi hati menghasilkan empedu yang disimpan dalam kantung empedu untuk membanfu proses pencernaan lemak. Kantung empedu berbentuk bulat, berwarna kehijauary terletak di sebelah kanan hati, dan salurannya bermuara pada lambung. Kantung empedu berfungsi untuk menyimpan empedu dan disalurkan ke usus bila diperlukan. Pankreas merupakan organ yang berukuran mikroskopik sehingga sukar dikenali, fungsi pankreas, antara lain menghasilkan enzim – enzim pencernaan dan hormon insulin.
Alat indera
Kebanyakan ikan memiliki organ sangat berkembang akal. Kebanyakan ikan memiliki organ Sangat berkembang akal. Hampir semua ikan siang hari memiliki visi warna yang setidaknya sama baik sebagai manusia. Hampir * Semua ikan siang hari memiliki Visi setidaknya sama warna Yang Baik sebagai Manusia. Banyak ikan juga memiliki chemoreceptors yang bertanggung jawab untuk indra yang luar biasa rasa dan bau. BANYAK ikan Juga memiliki chemoreceptors Yang bertanggung jawab untuk indra Yang Luar Biasa bau dan rasa. Meskipun mereka memiliki telinga, banyak ikan mungkin tidak mendengar dengan baik. Meskipun mereka memiliki telinga, BANYAK ikan regular tidak mungkin mendengar Artikel Baru Baik. Kebanyakan ikan memiliki reseptor sensitif yang membentuk sistem garis rusuk, yang mendeteksi arus lembut dan getaran, dan indera gerakan ikan terdekat dan mangsa. [19] Beberapa ikan, seperti lele dan hiu, memiliki organ yang mendeteksi tingkat rendah arus listrik. [20] ikan lain, seperti belut listrik, dapat menghasilkan arus listrik. Kebanyakan ikan memiliki reseptor sensitif Yang membentuk sistem Garis rusuk, Yang mendeteksi getaran lembut dan Arus, dan indera Gerakan ikan di dekatnya dan mangsa. [19] Beberapa ikan, hiu dan Pembongkaran lele, organ Yang memiliki tingkat mendeteksi Arus listrik rendah. [20] ikan lain, Pembongkaran Belut listrik, Arus listrik dapat menghasilkan.
Ikan berorientasi tengara menggunakan dan dapat menggunakan peta mental berdasarkan beberapa landmark atau simbol. Ikan berorientasi tengara menggunakan dan dapat menggunakan peta berdasarkan beberapa tengara mental atau simbol. Ikan perilaku dalam labirin menunjukkan bahwa mereka memiliki memori spasial dan diskriminasi visual. [21] KESAWAN therapy terapi Ikan labirin menunjukkan bahwa mereka memiliki Memori spasial dan diskriminasi visual. [21]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar